Anyaman Krayan dan Batik Khas Nunukan Akan Dipamerkan di Wonderfull Indonesia.

Anyaman Krayan dan Batik Khas Nunukan Akan Dipamerkan di Wonderfull Indonesia.

Anyaman Krayan dan Batik Khas Nunukan Akan Dipamerkan di Wonderfull Indonesia.

Nunukan - Sekitar 16 Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara bakal menyemarakkan wonderful Indonesia di Tawau negara bagian Sabah Malaysia pada 15 sampai 17 November 2019.


Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri kabupaten Nunukan Yoseph mengatakan, UKM Nunukan akan memamerkan oleh-oleh khas Nunukan.


"Kita akan pertontonkan anyaman khas masyarakat adat Dayak, anyaman Krayan, juga batik khas Nunukan yaitu Lulantatibu,"ujarnya, Selasa (12/11/2019).


Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dijadikan sebagai country branding yang mempresentasikan daya tarik keindahan alam, keanekaragaman budaya dan keramahtamahan masyarakat Indonesia maupun fasilitas pariwisata menarik lainnya yang dikembangkan oleh orang kreatif Indonesia.


Kali ini ada sejumlah wilayah di Indonesia yang akan menampilkan produk lokal mereka di Tawau, ada dari UKM asal kota Tarakan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan beberapa daerah lain, dihadiri juga oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara, juga Kementrian Pariwisata Indonesia.


"Selain anyaman dan batik Lulantatibu yang menjadi ikon baru Nunukan, kita juga punya jahe king dengan cita rasa tersendiri, semua khas wilayah perbatasan,"lanjut Yoseph.


Bukan hanya pameran dan menjual produk, Dinas Perdagangan Nunukan tengah melakukan lobi bersama Konsulat RI - Malaysia di Tawau agar difasilitasi bertemu sejumlah jawatan penting di Tawau.


Mereka akan membina UKM Nunukan untuk go internasional dengan melakukan eksport produk made in Nunukan. Bukan modal nekat tapi sebelumnya ada pengusaha Tawau yang menghubungi Dinas Perdagangan Nunukan yaitu Dato Syarif, ia ingin membuka retail dengan mayoritas isinya adalah produk Indonesia.


"Nanti kita akan minta persyaratan produk layak ekspor, uji mutu seperti apa, standar produk yang disyaratkan dan kriteria lain untuk meningkatkan perputaran ekonomi UKM lebih cepat, kita upayakan ekspor produk kita,"kata Yoseph. (Dzulviqor)