Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diduga Akibat Transmisi Lokal

Dua Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diduga Akibat Transmisi Lokal

NUNUKAN – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Nunukan Kalimantan Utara Aris Suyono kembali mengumumkan adanya dua pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19. ‘’Ada dua tambahan kasus covid-19 di Nunukan, pertama hasil pengambilan swab mandiri pada 1 september 2020 dan pasien satunya pengambilan swabnya di 31 Agustus dan 1 September 2020,’’ujarnya, Sabtu (5/9/2020). 


Pasien pertama dengan kode NNK 53 merupakan seorang laki laki berusia 46 tahun beralamat di Nunukan Tengah, tim medis Puskesmas Nunukan sudah turun untuk melakukan tracing. Info yang didapat, selama 14 hari terakhir yang bersangkutan tidak pernah melakukan perjalanan keluar Nunukan, sehingga kemungkinan besar kasus ini adalah penularan local.


Sementara pasien kedua dengan kode NNK 54 adalah seorang laki laki berusia 66 tahun warga jalan Tanjung Nunukan Tengah. Ia merupakan salah satu pasien yang sudah ditetapkan sebagai suspeck dan dirawat di bangsal khusus suspeck Covid-19 di ruang Cempaka RSUD Nunukan. Sama dengan pasien NNK 53, pasien ini tidak pernah bepergian keluar pulau Nunukan selama 14 hari terakhir. Tim medis menyimpulkan kasus ini merupakan transmisi local.


‘’Jadi kita mendapat tambahan dua kasus, total ada 54 kasus di kabupaten Nunukan, sebanyak 52 kasus dinyatakan sembuh dan 2 masih dalam perawatan,’’kata Aris. Ia menambahkan, perkembangan kasus Covid-19 masih dinamis di lapangan dan memungkinkan terjadinya penambahan, Nunukan memang ditetapkan sebagai salah satu wilayah dengan transmisi local, sehingga tak menutup kemunginan masih ada penularan di masyarakat.

Dan mencegahnya tergantung bagaimana kita disiplin menjalankan protocol kesehatan, tetap menggunakan masker ketika berinteraksi dengan yang lain, jaga jarak dan selalu rajin cuci tangan dengan air mengalir dengan sabun dan hand sainitzer bebahan baku alcohol. ‘’Meningkatkan imunitas pola hidup bersih dan sehat, olah raga minimal 30 menit sehari dan konsumsi makanan bergizi, untuk menunjang daya tahan tubuh.’’katanya.