Mendaftar di KPU Nunukan Dani Sendirian Tanpa Didampingi Nasir

Mendaftar di KPU Nunukan Dani Sendirian Tanpa Didampingi Nasir

NUNUKAN – Bakal calon Bupati Nunukan Kalimantan Utara 2021 – 2024 H.Danni Iskandar dikawal para relawan, simpatisan dan pendukung melakukan pendaftaran di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan. Sabtu (5/9/2020).


Danni menjalani prosedur pendaftaran semasa covid-19. Begitu sampai di pintu masuk KPU, ia diarahkan untuk mencuci tangan, melewati thermo scanner dan hanya didampingi para ketua partai pendukung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), serta para kader Demokrat sebagai partai pengusung juga LO. Tidak terlihat keberadaan wakilnya Muhammad Nasir.


‘’Terkait kesendirian saya, dikarenakan pak Nasir sedang sakit, mohon doanya agar beliau segera sembuh,’’ujarnya, ditemui pasca pendaftaran. Pendaftaran dilakukan sekitar 1 jam pada pukul 13.30 – 14.30 wita, Danni menyerahkan SK dukungan asli dari partai politik yang tercantum tanda tangan masing masing ketua DPP Partai politik pengusung dan pendukung yang dikuatkan dengan adanya cap basah pada dokumen dimaksud.


Dani juga terlihat menyerahkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab test pemeriksaan Covid-19 yang telah dilakukan maksimal 14 hari sebelum pendaftaran. Ketua KPU Nunukan Rahman mengatakan, berkas pencalonan sudah diterima dan sesuai dengan hasil pemeriksaan sementara untuk kelengkapan dokumen sudah terpenuhi. ‘’Hanya saja apakah itu memenuhi persyaratan masih akan diverifikasi oleh KPU, proses verifikasi sampai 12 September 2020,’’jelasnya.


Apabila berkas sudah memenuhi syarat dan sesuai ketentuan maka proses akan berlanjut dan jika sebaliknya, KPU akan memberikan waktu untuk perbaikan, dimana nanti ada proses tanggapan masyarakat.

Menjawab ketidak hadiran Muhammad Nasir, Rahman menjelaskan, KPU sudah menerima surat keterangan sakit yang bisa dipertanggung jawabkan, dengan demikian tidak ada permasalahan berarti yang menjadi kendala. Dan tidak beresiko menggugurkan pencalonan. ‘’Ini dijelaskan dalam PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang pencalonan. tapi dalam tahap pemeriksaan kesehatan, dia tidak dapat kita rekomendasikan pemeriksaannya ketika dia sakit, nanti sembuh baru KPU beri rekomendasi untuk medical ceck up di Rumah sakit Tarakan, tidak ada batasan waktu sampai kapan, pokoknya begitu sembuh baru kita berikan rekomendasinya,’’katanya. 


Pendaftaran Paslon Kada sudah berjalan sejak 4 – 6 September 2020, sesuai laporan yang diterima KPU, Petahana akan mendaftarkan diri pada Minggu 6 September 2020 sekitar pukul 8.30 wita. Sementara untuk medical ceck up, pasangan H.Danni – Muhammad Nasir dijadwalkan pada 7 – 8 September 2020, untuk Hj.Laura – Hanafiah pada 9 – 10 September 2020.