Paripurna, DPRD Setujui Raperda RPJMD Kabupaten Nunukan Tahun 2021 - 2026

Paripurna, DPRD Setujui Raperda RPJMD Kabupaten Nunukan Tahun 2021 - 2026
Foto bersama usai penandatanganan persetujuan Raperda RPJMD Kabupaten Nunukan Tahun 2021-2026
Nunukan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nunukan menggelar rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nunukan Tahun 2021-2026, di Ruang Paripurna, Gedung DPRD Nunukan, Kalimantan Utara Rabu(24/11/2021).
 
Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Nunukan Hj.Leppa Hafid didampingi Wakil Ketua I Saleh dan Wakil Ketua II Burhanudin serta dihadiri  Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah,Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal dan beberapa anggota DPRD.
 
Dalam rapat paripurna tersebut, lima fraksi yang ada di DPRD menyetujui Raperda RPJMD 2021-2026 disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).
 
Persetujuan tersebut di bacakan dalam rapat paripurna oleh jurubicara DPRD Nunukan Hamsing.
 
Jurubicara DPRD Nunukan Hamsing dalam membacakan persetujuaan tersebut mengatakan, hasil pembahasan laporan tentang Raperda RPJMD Kabupaten Nunukan Tahun 2021 – 2026 oleh DPRD bersama Pemerintah Kabupaten dapat diartikan bentuk harmonisasi dan sinkronisasi terhadap perencenaan daerah yang berdampak pada pembangunan di kecamatan-kecamatan guna mewujudkan visi Kabupaten Nunukan yakni “NUNUKAN YANG MAJU,AMAN,TERTIB DAN SEJAHTERA’.
 
“Melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian daerah yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif yang didukung oleh SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta adanya ketersediaan infrastruktur yang maju dan memadai,” katanya lagi.
 
Hamsing juga merincikan enam point hasil pembahasan yang sekaligus menjadi saran yang penting bagi pemerintah daerah :           
                                          
1. Potensi Wisata      
2. Penguatan UMKM   
3. Pendidikan            
4. Kemandirian Ekonomi                      
5. Ketersediaan Air Bersih                          
6. Mendorong para investor untuk memberikan sebagian CSR mereka untuk pembangunan di sekitar tempat usaha mereka.
 
Sementara itu Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada DPRD atas saran dan masukannya untuk penyempurnaan akhir RPJMD Kabupaten Nunukan Tahun 2021 – 2026.
 
“Kami sampaikan bahwa tahapan berikutnya adalah Kepala Daerah mengajukan rancangan peraturan daerah tentang RPJMD Kabupaten Nunukan 2021-2026 kepada Gubernur Kalimantan Utara untuk dievaluasi. Substansi Raperda tentang RPJMD yang akan diajukan tentu akan disempurnakan berdasarkan nota persetujuan bersama DPRD dan Pemerintah Kabupaten Nunukan yang telah kita sepakati bersama pada hari ini,” jelasnya.(01)