Sambut HUT Korps Marinir ke 76, Yonmarhanlan XIII/Tarakan Lakukan Kegiatan Napak Tilas

Sambut HUT Korps Marinir ke 76, Yonmarhanlan XIII/Tarakan Lakukan Kegiatan Napak Tilas
Komandan Lantamal XIII/Tarakan Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti dii Sei Menggaris.

Nunukan – Dalam rangka Menyambut HUT Korps Marinir ke 76, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII/Tarakan Kalimantan Utara (Yonmarhanlan), melakukakan kegiatan napak tilas , Sabtu (13/11/2021).

 

Kegiatan dimaksud diikuti oleh, Satgas Marinir dan Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 18/Komposit, serta masyarakat yang berada di wilayah daratan Kalimantan, perbatasan Indonesia – Malaysia.

 

Peserta akan menempuh rute jejak konfrontasi sejauh 20 KM dan melewati tiga wilayah yakni, Sei Ular, Sei kapal serta Kanduangan.

 

“Kita melaksanakan kegiatan ini dalam rangka mengingat perjuangan Dwikora. Kebetulan perjuangan di Sei Manggaris ini cukup unik karena banyak yang menjadi korban di Sei Manggaris dan Kalabakan.” Ucap Komandan Lantamal XIII/Tarakan Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti.

 

Menurut Edi, penelusuran jejak konfrontasi dimulai dengan menyusuri perbatasan melalui jalur laut dari Dermaga Lanal Nunukan, menggunakan 3 perahu karet Marinir, 2 Patkamla Satrol Lantamal XIII, 1 Sea Rider Lantamal XIII dan 1 speed Posal Sebaung, sebelum akhirnya dilanjutkan dengan menyusuri rute konfrontasi di jalur darat.

 

“Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, mulai Sabtu 13 – 15 November 2021, dengan garis finish di Sei Pancang Pulau Sebatik,” katanya.

 

Dia berharap kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan bisa menjadi kebanggaan khususnya bagi warga perbatasan RI di Seimenggaris.

 

‘’Kegiatan seperti ini, bisa menambah kecintaan masyarakat kepada Indonesia sekaligus memperkuat rasa bela Negara,’’ tutupnya.(01)