Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL, Serfianus : Selain Fisik Sehat Mental Patriot dan Cinta Tanah Air Menjadi Modal Utama

Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AL, Serfianus : Selain Fisik Sehat Mental Patriot dan Cinta Tanah Air Menjadi Modal Utama
dok.Humas Pemkab Nunukan
NUNUKAN - TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan AL (Lanal) Nunukan Kalimantan Utara menggelar kegiatan sosialisasi penerimaan prajurit TNI AL tahun 2021 bersama Pemkab Nunukan, di ruang pertemuan serbaguna lantai V kantor Bupati Nunukan, Jumat (07/05/2021).
 
Sosialisasi dengan sasaran siswa/siswi SMA dan SMK dari berbagai sekolah di Kabupaten Nunukan ini, dimaksudkan untuk mengenalkan serba serbi TNI AL, serta memberi penjelasan secara rinci bagaimana cara dan apa syarat yang harus dipenuhi dalam mendaftar sebagai calon prajurit TNI AL.
 
Mewakili Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid, Sekretaris Daerah Serfianus menyampaikan bahwa menjadi anggota TNI adalah sebuah kebanggaan tersendiri, bahkan diidam-idamkan dan menjadi cita-cita banyak pemuda dan pemudi di negeri ini. 
 
Dengan badan tegap dan sikap yang tegas demi mengayomi masyarakat, TNI berperan sebagai garda terdepan dalam menjaga ketahanan dan keamanan NKRI. 
 
‘’Namun demikian untuk menjadi seorang anggota TNI tidaklah semudah yang dibayangkan, ada beberapa tahapan dalam seleksi yang harus diikuti. Demikian juga dengan pendidikan yang tidaklah ringan sebelum nantinya dilantik sebagai anggota resmi TNI," ujar Serfianus. 
 
Ia melanjutkan, tidak sedikit yang harus kembali pulang karena tidak lolos dalam seleksi yang begitu ketat. 
 
Hal itu dikarenakan banyak hal, mungkin secara fisik, mental, dan intelegensi yang masih kurang memenuhi syarat. Namun banyak juga yang gagal karena kurang mempersiapkan diri.
 
"Yakinlah pada diri kalian bahwa saat ini negara membutuhkan putra-putri terbaiknya sebagai anggota TNI AL untuk menjaga kedaulatan negara. Jangan takut bermimpi untuk berhasil karena sebuah keberhasilan besar tidaklah dapat diraih tanpa adanya mimpi. Janganlah mudah menyerah dan patah semangat agar keberhasilan bisa diraih," imbuh Serfianus.
 
Dalam kegiatan ini, diputarkan juga video Prajurit TNI AL dengan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
 
‘’Selain fisik yang prima, jiwa nasionalisme dan sifat patriot tentu menjadi ukuran penilaian. Pastikan jiwa kalian terpatri dengan sikap tersebut demi berjuang untuk ibu pertiwi,’’katanya. 
 
Serfianus juga berharap kepada jajaran TNI AL khususnya Lantamal XIII dan Lanal Nunukan agar kiranya dapat memberikan sosialisasi dengan maksimal serta mendetail, sehingga para peserta dapat mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan menjadi putra - putri terbaik kabupaten Nunukan nantinya.(005)