Speed Boat Dewa Sebakis 3 Terbakar di Dekat Dermaga Tarakan, Sebelumnya Terdengar Ledakan

Speed Boat Dewa Sebakis 3 Terbakar di Dekat Dermaga Tarakan, Sebelumnya Terdengar Ledakan
SB Dewa Sebakis 3 terbakar di dekat dermaga Tengkayu Tarakan saat hendak memuat penumpang. diduga akibat trouble engine (istimewa)

TARAKAN – Speed Boat (SB) Dewa Sebakis 3 terbakar di dekat dermaga Tengkayu kota Tarakan Kalimantan Utara, Minggu (28/3/2021).


SB.Dewa Sebakis 3 merupakan speed boat regular yang biasa memuat penumpang tujuan Tarakan - Nunukan dan sebaliknya.


Saksi mata kejadian Basir mengatakan, saat kebakaran terjadi, SB. Dewa Sebakis 3 hendak mengambil penumpang untuk penyeberangan Tarakan - Nunukan.


‘’Jadwal keberangkatan sekitar 14.30 wita. Jadi waktu terbakar, belum ada penumpang yang naik. Speed boat baru saja mengisi BBM untuk perjalanan ke Nunukan,’’ujarnya melalui sambungan telfon.


Sejumlah calon penumpang, bahkan sudah mengantre di dermaga penumpang Tengkayu.


Mereka menyaksikan langsung kebakaran yang menghanguskan speed boat berkapasitas 50 penumpang tersebut.


‘’Para penumpang dialihkan ke speed lain. Tidak sedikit juga yang diberangkatkan menggunakan speed boat kecil milik perorangan,’’lanjutnya.


Dikonfirmasi terkait kronologis kebakaran, Kapolres Kota Tarakan AKBP. Fillol Praja Arthadira mengungkapkan, kebakaran diduga akibat trouble engine.


‘’Kejadiannya sekitar pukul 13.50 wita, pada jarak sekitar 200 meter dari dermaga penumpang Tengkayu. Saat ABK menyalakan mesin, muncul api dan terdengar ledakan cukup keras dari bagian pembuangan uap mesin,’’ujarnya.


Setelah ledakan terjadi, tiba tiba saja api langsung membesar di bagian tengah kapal. Seorang motoris dan 3 ABK, langsung terjun ke laut menjauh dari speed boat.


Fillol juga membenarkan, Speed boat baru saja selesai melakukan ceck mesin sekaligus mengisi BBM, dan akan bersandar untuk memuat penumpang.


‘’Saat ini bangkai kapal masih ada di lokasi kejadian, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena motoris dan ABK menceburkan diri ke laut. Kerugian material ditaksir sekitar Rp 4 miliar,’’katanya.(02)