Dinkes Nunukan Genjot Vaksin Anak, Sekolah PAUD Juga Menjadi Sasaran Vaksin

Dinkes Nunukan Genjot Vaksin Anak, Sekolah PAUD Juga Menjadi Sasaran Vaksin
Nunukan – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan terus menggalakkan vaksin covid-19 bagi anak usia 6 sampai 12 tahun.
 
Untuk pecepatan vaksin, sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) juga diimbau untuk partisipasi aktif mereka.
 
‘’Kita kejar target dan berharap akhir Januari 2022 seluruh sekolah SD sudah divaksin,’’ujar Bagian Kesehatan Masyarakat Bidang Imunisasi pada Dinas Kesehatan Nunukan Nurmia, Selasa (11/01/2022).
 
Percepatan di semua sekolah dengan anak sampai di sekolah PAUD juga menjadi bagian inovasi Dinkes Nunukan untuk mempercepat pencapaian vaksin.
 
Dinkes selalu melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan. Mereka mengimbau agar sejumlah sekolah PAUD segera mendata anak didik mereka yang berusia 6 tahun untuk dijadwalkan vaksinnya.
 
‘’Selain membuka layanan di semua fasilitas kesehatan, kita menyasar anak PAUD juga untuk percepatan. Mereka kan ada yang usia enam tahun,’’jelasnya.
 
Sebagaimana diketahui, vaksinasi ini menyasar anak anak usia PAUD hingga SD, setelah capaian vaksin di Nunukan mencapai target nasional diatas 70 persen.
 
Data Dinas Kesehatan mencatat, capaian vaksin secara manual dibukukan dengan angka 78,47 persen atau 114.578 orang dari sekitar 146.000 sasaran.
 
Nurmia menjelaskan, sampai tanggal 11 Januari 2021, capaian vaksin untuk anak sekitar 2.591 dosis atau sekitar 11.01 persen dari target 23.543 sasaran.
 
‘’Kita memiliki target untuk mencapai 100 persen vaksin pada akhir Maret 2022,’’kata Nurmia.
 
Sejauh ini, tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan vaksin. catatan yang paling menonjol adalah belum adanya aktifitas vaksin bagi sejumlah sekolah SD di Kecamatan Sembakung akibat kondisi banjir tahunan.
 
Demikian pula untuk Kondisi Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Memasuki Minggu kedua Januari 2022, tidak ada kondisi serius yang dilaporkan.
 
Semua hanya sebatas nyeri di bekas suntikan yang notabene adalah kondisi normal.(02)