Gagal Selundupkan 3 Kg Sabu Sabu Asal Malaysia ke Sebatik, Pemilik Dikejar Aparat Gabungan

Gagal Selundupkan 3 Kg Sabu Sabu Asal Malaysia ke Sebatik, Pemilik Dikejar Aparat Gabungan

Nunukan –  Pemilik 3 Kg sabu sabu asal Malaysia menjadi buruan aparat gabungan dari Polsek Sebatik dan Satuan Gabungan Intel (SGI).


Dansatgas SGI Pengaman Perbatasan (Pamtas) RI – Malaysia Kapten Inf.Haris Dengsi mengungkapkan, laki laki dengan ciri ciri kulit putih, memiliki tampilan rambut cepak sedikit botak di bagian depan, dan tinggi badan sekitar 160 – 170 Cm dalam kejaran aparat di Pulau Sebatik.


Terakhir kali, target terlihat mengenakan celana pendek bahan kain warna hitam dan kaos lengan pendek abu abu.


‘’Aparat menyisir jalur jalur tikus dan wilayah perkebunan sepanjang perbatasan RI – Malaysia di Pulau Sebatik, mengejar pemilik sabu sabu dengan berat sekitar 3 Kg,’’ujarnya, Selasa (08/02/2022).


Haris mengungkapkan, peristiwa terjadi Minggu 6 Februari 2022 pukul 11.00 wita. Saat itu, anggota Polisi di Pos Aji Kuning Sebatik menerima informasi ada seseorang mencurigakan berjalan kaki menuju Jalan Mulawarman, RT 01 Desa Aji Kuning Sebatik Tengah.


Laki laki tersebut diduga baru datang dari pangkalan darurat Tanah Merah, di wilayah Sebatik – Malaysia, menuju Sebatik Indonesia.


Aparat lalu berkoordinasi untuk melakukan pemblokiran dan pengawasan di sejumlah jalur rawan perbatasan. 


Tak lama kemudian, personel Polsek Sebatik, Briptu Iswandi, bertemu seorang laki laki yang mencurigakan, dan menghampiri untuk pemeriksaan pelintas batas.


Namun belum sempat diperiksa, laki laki tersebut langsung membuang tas jinjing berwarna loreng abu-abu yang dibawanya. Ia melarikan diri ke dalam perkebunan sawit.


‘’Sempat dikejar, namun akhirnya kehilangan jejak. Kami memutuskan kembali ke lokasi awal dan mencari tas yang dibuang Tersangka. Kita bawa ke Pos Polisi Aji Kuning dan kita menemukan sabu sabu yang diperkirakan seberat 3 Kg,’’lanjutnya.


Sejumlah barang bukti yang ditemukan dari dalam tas tersangka, antara lain, 3 ball sabu sabu seberat 3 Kg, 1 unit Hp Nokia, 1 unit Hp android warna biru merk Redmi, sebuah carger Hp Nokia.
Sebuah kardus, tas jinjing warna loreng abu abu, 1 tas hitam tempat kardus, sepasang sandal warna hitam, payung, dan jaket warna biru.


‘’Ini pemain kakap dan rute pelarian masih di wilayah Indonesia. Kita masih lakukan pencarian tersangka, untuk barang bukti, sudah diserahkan ke Satreskoba Polres Nunukan,’’tegas Haris Dengsi.(02)