TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Gratis kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 1.000 Kepala Keluarga (KK).

Plt. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Kaltara, R. Adi Hernadi Ismail Syah melalui Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Abdul Muis, S.H., M.Sc., mengatakan berdasarkan arahan Gubernur secepatnya telah menurunkan tim verifikasi ke rumah masyarakat yang membutuhkan bantuan pemasangan listrik.

“Saat ini kita sedang memetakan lokasi pemasangan listrik di semua kabupaten / kota se – Kaltara, Bulungan, Tarakan, Malinau, Nunukan dan KTT,” ujarnya.

Sebanyak 1.000 KK se – Kaltara ini terbagi dengan rincian di Kabupaten Bulungan 366 KK, Kota Tarakan 326 KK, Kabupaten Nunukan 198 KK, Kabupaten Malinau 36 KK dan Kabupaten Tana Tidung 74 KK.

Untuk lokasi dan penerima masih menunggu data dari tim lapangan dan mencocokkan dengan data yang diberikan oleh Bappeda maupun permintaan langsung dari Kelurahan wilayah setempat.

Bantuan pasang listrik gratis masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar 4 A atau 900 VA, dengan 3 titik lampu, 1 sub kontak dan 1 grounding. Dan fasilitas pasang listrik rumah telah menjadi satu paket bersama instalasi listrik.

“Kita masih menunggu proses tinggal Surat Keputusan dari Gubernur, sistemnya lewat pengadaan E – Purchasing agak lama, diperkirakan paling cepat bulan Maret dikerjakan,”tuntasnya.

Abdul Muis berharap bantuan pasang listrik gratis ini bisa mendapat dukungan dari masyarakat dan seluruh pihak terkait, ini dilakukan secepatnya agar bisa mendukung program strategis penurunan stunting di Kaltara.

Sebagai informasi sejak tahun 2021-2022, Pemprov Kaltara telah menyalurkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 514 rumah tangga tidak mampu, dan tahun 2024 kembali menyalurkan kepada 1.000 rumah tangga.(dkisp)