NUNUKAN– Sehari usai membuka Musrenbang Kewilayahan di Kecamatan Tulin Onsoi, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menyempatkan diri untuk hadir dan membuka secara resmi rangkaian kegiatan Lomba dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 Tahun dan Jambore Kader PKK di Kecamatan Tulin Onsoi yang mengusung tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera, Wujudkan Generasi Kabupaten Nunukan Yang Unggul”, Jum’at (01/03/2024).

Baca Juga : BNPP Gelar FGD Pengukuran Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (IPKP PKSN) Tahun 2023 di Kabupaten Nunukan

Hari Kesatuan Gerak PKK yang diperingati setiap tanggal 4 Maret, senantiasa harus dimaknai sebagai momentum Gerakan bersama segenap jajaran Tim Penggerak PKK Pusat dan Daerah untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK, maupun program/kegiatan yang mendukung kebijakan Program Pemerintah.
Dalam mewujudkan kegiatan tersebut dan bertujuan menyentuh seluruh kader yang ada di pelosok-pelosok Kecamatan dan Desa sebagai Motivasi untuk bergerak ikut membangun Daerah maka TP PKK Kabupaten Nunukan menggelar beragam kegiatan.
Kegiatan yang berlangsung selama 2 (Dua) hari, dimulai sejak tanggal 01 Maret hingga 2 Maret 2024, diikuti kurang lebih 90 kader PKK Kecamatan, mulai dari Kecamatan tulin Onsoi sebagai tuan rumah, lalu kecamatan Sebuku, Sembakung, Sembakung Atulai, Lumbis, Lumbis Ogong, Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan.
Ada beragam perlombaan yang disajikan oleh PKK Kabupaten sebagai panitia peringatan HKG dan Jambore Kader PKK, yang meliputi lomba Yel-yel 10 Program Pokok PKK, lomba Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), lomba Bercerita Rakyat, lomba kudapan berbasis pangan lokal dalam rangka pencegahan stunting, lomba Senam Germas dan diakhir acara akan diadakan Senam Yameto dan Outbond di Lokasi Wisata Puncak Derajat.
Sebelum mengikuti rangkaian lomba seluruh peserta terlebih dahulu mengikuti Kegiatan penyampaian materi singkat oleh beberapa Narasumber diantaranya Narsum dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) terkait dengan Fokus penggunaan Dana Desa yang disampaikan oleh Fery Wahyudi,S.Sos, Kepala Bappeda Litbang Drs.R.Iwan kurniawan,M.AP yang memberikan materi terkait dengan penggunaan dana dalam ferakan bersama untuk melaksanakan 10 program Pokok PKK,
Peran PKK dalam pembangunan, PKK menjadi Garda Terdepan dan 6 kebijakan tematik dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi TP PKK Permendagri 13/2023 Pedoman Penyusunan APBD 2024
di antaranya upaya percepatan penurunan stunting melalui pendampingan PMT, pemateri terakhir dari Kepala Dinas P3A, Faridah ariyani,SE. M.AP materi terkait dengan Kesetaraan Gender Bidang Politik.
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada TP PKK Kabupaten Nunukan yang telah menjadi mitra pemerintah. Bertambahnya usia PKK selaras dengan bertambahnya harapan agar PKK semakin meningkatkan kualitas organisasi, pemberdayaan perempuan, penguatan daya saing, dan memberikan efek positif bagi masyarakat Kabupaten Nunukan.
“Saya sangat berharap agar rangkaian peringatan ini bukan hanya kegiatan rutin tahunan semata, namun harus mengambil makna dari usia yang sudah 52 tahun. Kemeriahan dan rasa syukur harus menimbulkan gelora terhadap tema
“Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera, Wujudkan Generasi Kabupaten Nunukan Yang Unggul,” tema besar yang sama-sama harus kita sukseskan dengan semangat baru untuk mewujudkan 10 tugas pokok PKK,” paparnya.

Baca Juga : Terpilih Kembali, Hasan Basri ‘Dilirik’ Partai Politik

Wakil bupati Nunukan juga mengajak agar dapat membantu Pemerintah dalam pencegahan Stunting, memberikan sumbangsihnya kepada Pemerintah terutama di wilayah kecamatan-Kecamatan dan desa di karenakan Dinas-Dinas yang bersangkutan tidak bisa mencapai hingga ke pelosok-pelosok dikarenakan transportasi yang cukup sulit untuk menjangkau Desa-Desa yang ada di pelosok.
“Organisasi PKK di anggap sangat penting dalam membantu Pemerintah dalam membangun Daerah yang terpencil sekalipun,” jelasnya.
Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK kabupaten Nunukan, Hj. Sri Kustarwati menyampaikan tujuan utama dari Gerakan PKK adalah mewujudkan kesejahteraan keluarga yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir batin.
“Saya berharap kepada seluruh anggota tim PKK baik yang ada di Kabupaten maupun Kecamatan agar kedepannya dapat berperan aktif dalam kegiatan, baik tingkat Kabupaten maupun Kecamatan. saya juga berharap TP PKK Kecamatan agar dapat mendukung dan bekerjasama dengan Camat di Daerah masing-masing dengan tujuan untuk meraih kesuksesan memajukan Daerah, Pemimpin yang hebat dapat diciptakan jika kita dapat bersama-sama menjalankan program yang telah dicanangkan,” Jelasnya
Kegiatan akan dilanjutkan dengan Senam bersama dan kegiatan Outbound pada tanggal 2 Maret di lokasi Wisata Puncak Derajat Kecamatan Tulin Onsoi (sumber : admin/prokopim)