NUNUKAN – Naiknya harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan sangat berdampak bagi masyarakat yang kurang mampu, pasalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka harus bekerja lebih keras agar ekonomi keluarga tercukupi.
Atas dasar ini, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Nunukan melalui Pokja 3 yang mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, menyalurkan bantuan berupa beras 5 kg, minyak goreng, kopi, teh, gula dll, sebagai kebutuhan yang mendasar untuk sehari-hari.
Kegiatan Bansos ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan menjelang bulan suci ramadhan, jika dilihat dari jumlah paketan yang disalurkan tahun ini ada penambahan, untuk di tahun yang lalu jumlah paket sembako yang disalurkan sebanyak 10 paket, sementara di tahun ini bertambah menjadi 15 paket untuk setiap kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan.
Penyaluran bantuan dimulai dari Desa Binusan dan berakhir di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan, pada Minggu (10/03)
Ketua TP PKK Kabupaten Nunukan, Hj. Sri Kustarwati Amd menerangkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya kepada masyarakat yang kurang mampu dan rutin diberikan setiap bulan Ramadhan.
“Bantuan ini diberikan kepada orang yang betul-betul memerlukan pertolongan, Alhamdulillah tahun ini kami bisa menambah jumlah paketan yang akan disalurkan, yang tadinya 10 paket, tahun ini bisa bertambah menjadi 15 paket,” ucapnya usai menyerahkan secara simbolis bantuan kepada kaum dhuafa di Aula Kantor Desa Binusan.
Ibu Ketua juga berharap kepada penerima bantuan untuk tidak menilai dari jumlah yang diberikan.
“Saya berharap ibu – ibu tidak melihat dari seberapa banyak yang diberikan, tapi manfaat yang kami berikan untuk beberapa hari kedepan,”ujarnya.
Selain menyerahkan bantuan, Ketua TP PKK Kabupaten Nunukan juga mengajak agar para lansia tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan pola hidup sehat, para lansia diharapkan terhindar dari berbagai penyakit.
Kepada para Lurah yang dikunjungi oleh rombongan TP PKK Kabupaten Nunukan, Hj Sri Kustarwati selaku ketua menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian yang diberikan kepada warga mereka.
Agar tepat sasaran, Kecamatan dan Kelurahan bekerjasama dengan PKK Kelurahan se-Kecamatan, turun langsung ke lapangan untuk mencari orang-orang yang memerlukan bantuan. Kriteria penerimapun telah ditentukan, diutamakan bagi lansia yang seorang diri dalam menopang biaya hidupnya. Hj Sri Kustarwati berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan dibulan suci ramadhan.
Rute yang dikunjungi dalam penyaluran Bansos dimulai dari Desa Binusan, Sungai Fatimah, Kelurahan Nunukan Barat, Kelurahan Nunukan Utara, Kelurahan Nunukan Timur dan Kelurahan Nunukan Tengah Kecamatan Nunukan, lanjut Kelurahan Selisun, Kelurahan Mansapa dan berakhir di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Nunukan Selatan. (Sumber : admin/prokopim)