NUNUKAN –  Ada pertemuan, ada juga perpisahan. Pepatah ini bukan hal yang baru bagi hampir seluruh instansi Pemerintahan, dan stakeholder termasuk bagi jajaran Kesyabhandar Nunukan, pada hari ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan mengadakan acara perpisahan untuk Kepala KSOP sebelumnya, Zainal Abdul Rahman yang akan melanjutkan tugas di tempat yang lain.
Acara ini sekaligus menyambut Kepala KSOP baru, Ahmad Kosasi, SH., yang akan menerima jabatan sebagai Kepala KSOP Pelabuhan Kelas IV Nunukan. Acara Pisah Sambut ini dilaksanakan di Cafe Resto Hotel Lenflin, malam (11/03)
Zainal Abdul Rahman yang telah bertugas selama sembilan (9) bulan sebagai Kepala KSOP Pelabuhan Kelas IV Nunukan, akan melanjutkan tugasnya sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan KSOP daerah Jawa Timur, dan kini digantikan oleh Ahmad Kosasi, SH Sebagai Kepala KSOP Pelabuhan Kelas IV Nunukan yang baru, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala tata usaha di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan KSOP Tarakan.
Dalam acara pisah sambut ini Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE., M.Si pimpinan instansi vertikal diantaranya Kombes Pol Jaya F Ginting ( Kepala BP2MI Nunukan), Letkol Inf Albert Frantesca Hutagalung (Dandim 0911/Nnk), AKP Arofiek, SH., MH. (WaKapolres Nunukan), Letda Laut (S) Neri Yendra (Dan Sub Unit Intel Lanal Nunukan), Afrizal,SH (Kasi Pidum Kejari Nunukan), Raden Narendra Mohni Iswoyo kusumo, S.H., M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Nunukan), Luqman Hariyadi, S.H. (Kepala Pengadilan Agama Nunukan), Puang Dirham ( Kalapas Kelas II B Nunukan), Reza Pahlevi ( Kasi Intel Kantor Imigasi Kelas II TIPI Nunukan), Junarto ( Kepala Cab. PT. Pelni Nunukan), Letda Tek Rony ( Dan Pos AU Nunukan), Kapt Inf Suhardi ( Dantim 1 Satgas Inteldam VI/Mlw), Serka Ansyar ( Mewakili Dansub Denpom VI/3-1 Nunukan), Bangun Suryono ( Pwk PT. Pelindo), dan Para Pengusaha.
Dalam sambutannya Wabup H. Hanafiah menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Zainal Abdul Rahman, yang telah menjalankan tugasnya Kepala KSOP pelabuhan kelas IV Nunukan selama ini.
” Atas nama pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Nunukan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus – tulusnya atas semua jasa dan pengabdianya selama ini”, ungkap H. Hanafiah.
Lanjut dikatakan H. Hanafiah mengajak seluruh hadirin untuk mendoakan semoga kesuksesan dan kebahagiaan akan selalu senantiasa menyertai seluruh keluarga Zainal Abdul Rahman di tempat tugas yang baru.
” Saya juga atas nama pribadi memohon maaf, jika ada kesalahan dan kekhilafan yang mungkin ada selama ini. Pada malam ini”, ujar Wabup H. Hanafiah.
Kepada pejabat yang baru, Wabup H. Hanafiah juga mengucapkan selamat datangnya.
” Selamat datang juga saya ucapkan kepada Bapak Ahmad Kosasi, SH., yang akan menggantikan Bapak Zainal Abdul Rahman sebagai Kepala KSOP Pelabuhan Kelas IV Nunukan”, katanya.
Sebagai pemerintah, H. Hanafiah berharap kiranya di bawah kepemimpinan Ahmad kosasi nanti, pengawasan dan penegakan hukum di lingkungan pelabuhan Tunon Taka akan semakin baik.
” Kita tahu bersama, penegakan hukum dan pengawasan yang lemah selama ini selalu menjadi entri point dari semua keruwetan di setiap pelabuhan di seluruh indonesia. Saya berharap, utamakanlah keselamatan dan kenyamanan para penumpang kapal, dan jalin sinergi yang baik dengan PELNI, PELINDO, jajaran aparat keamanan, serta masyarakat dalam menciptakan satu ekosistem pelayaran yang semakin baik,”Jelasnya.
Zainal Abdul Rahman, pada kesempatan ini menyampaikan terimakasih dan apresiasinya terhadap dukungan seluruh stakeholder selama menjabat sebagai kepala kantor KSOP Kelas IV Nunukan.
“Selama sembilan (9) bulan 16 hari saya menjabat sebagai Kepala KSOP di Kab. Nunukan, Saya rasa ini juga cukup lama, banyak hal kesan yang sangat baik selama saya di Nunukan antara pejabat Instansi pemerintah, dan Instansi Vertikal dengan bekerjasama dan bersinergitas serta kolaborasi bersama-sama stakeholder instansi vertikal yang ada di Nunukan”, ujar Zainal.
Lanjut Zainalenyampaikan memohon maaf apabila ada ada kesalahan dalam bertindak kepada pelaku usaha pengguna jasa.
” Mungkin ada yang kurang berkenan, Saya atas nama pribadi mohon maaf, Karena saya sendiri sebagai Kepala KSOP mengikuti sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, saya tidak mau nantinya ada hal yang tidak kita inginkan, seperti halnya kecelakaan kerja, kemudian kecelakaan pelayaran, dan sebagainya. Jadi saya sebisa mungkin mengikuti sesuai dengan aturan dan Standard Operating Procedure SOP yang ada,”Jelasnya.
Dalam hal itu, Zainal menyampaikan jika ada yang merasa kurang berkenan, dirinya mohon maaf.
“Sekaligus saya mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan, semoga kita semua yang menjalankan ibadah puasa diberikan selalu kesehatan sehingga kita bisa beribadah dan berpuasa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya”, ujarnya.
 
Ahmad Kosasi sebagai Kepala KSOP Nunukan yang baru pada kesempatan ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua para undangan yang hadir di acara ini.
” Terima kasih atas diterimanya kami di kabupaten Nunukan ini, dan mohon kepada Instansi pemerintah, Instansi Vertikal dan masyarakat pelaku usaha pengguna jasa untuk bisa membantu kami atau mendukung kami dalam segala kegiatan-kegiatan yang akan kami laksanakan seperti biasanya sesuai dengan tupoksi kami di kantor KSOP Nunukan”, tuturnya.
Selanjutnya, Ahmad Kosasi menceritakan bahwa dirinya belum punya pengalaman di Nunukan selaku Kepala KSOP.
” Sedikit cerita, saya tinggalkan Nunukan tahun 2020 menuju Sulawesi tenggara tepatnya di Pulau Kendari setelah di sana satu tahun 10 bulan, saya kembali ditugaskan di Tarakan sebagai kepala tata usaha di KSOP Tarakan kelas II Tarakan dengan waktu satu tahun, dan saya ditugaskan kembali ke Nunukan Alhamdulillah jadi kurang lebih tiga tahun”, ungkapnya.
Menurutnya hal ini merupakan penghargaan karena dirinya berasal dari Nunukan.
” Alhamdulillah saya mengabdi di Kementerian ini kurang lebih 36 tahun. Saya juga berterimakasih atas penyambutannya dari karyawan karyawati KSOP Nunukan, dan terima kasih juga kepada Bapak Kepala KSOP yang lama, insya Allah apa yang bapak laksanakan selama ini yang baik-baik kami akan lanjutkan,”Ucapnya.
Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata yang diserahkan oleh Wabup Nunukan H. Hanafiah dilanjutkan dengan para undangan yang hadir, kemudian acara ditutup dengan makan malam bersama. (Sumber : admin/prokopim)