NUNUKAN – Tradisi berburu takjil kerap dilakukan pada bulan suci Ramadhan,
umat Islam di Indonesia biasanya mencari hidangan berbuka puasa atau takjil di pasar- pasar Ramadhan yang ada hanya setahun sekali yaitu pada Bulan Suci Ramadhan saja.
Aktivitas yang dilakukan menjelang Magrib atau disebut ngabuburit ini pun dimanfaatkan oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid beserta rombongan
dengan berburu makanan di Bazar Takjil Ramadhan yang berada di Blok 3 Kelurahan Nunukan Barat, Senin sore (18/03/2024)
Nuansa berburu takjil di sore hari dapat diartikan sebagai suasana yang penuh semangat dan kegembiraan dalam mencari berbagai macam makanan atau minuman untuk berbuka puasa dan menjadi tradisi ketika bulan Ramadhan yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.
Berburu takjil biasanya terlihat di sepanjang jalan-jalan atau pasar-pasar tradisional yang dipenuhi oleh pedagang makanan dan minuman yang khas untuk berbuka puasa seperti kolak, es buah, es cendol, es kelapa muda, kurma, gorengan, makanan tradisional dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Laura mengatakan ini adalah agenda tahunan dalam Bulan Suci Ramadhan yang tidak pernah terlewatkan dalam berburu takjil untuk berbuka puasa.
“Alhamdulillah tahun ini kita mulai hari ini, untuk berkunjung ke beberapa titik yang sudah direncanakan oleh kita di Pemda Nunukan turun langsung untuk berbelanja takjil dengan mengajak seluruh kepala – Kepala OPD.”ujarnya
Laura juga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu Program Pemerintah di Bulan Suci Ramadhan di samping beberapa program lainnya yang di jalankan oleh pemerintah Daerah.

Baca Juga : Bupati Laura Terima Kunjungan Kepala KPPN Nunukan

Laura juga berpesan kepada seluruh Masyarakat untuk memanfaatkan Bulan Ramadhan ini sebaik mungkin, dapat turut berbelanja di setiap titik pasar Ramadhan sebagai dukungan kepada Pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM).
“Saya mengajak kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Nunukan ini untuk memanfaatkan Bulan Ramadhan ini sebaik mungkin, turut berbelanja juga keseluruh titik-titik pasar Ramadhan sebagai bentuk dukungan kita kepada UMKM yang ada di kabupaten Nunukan,”jelasnya.
Pada kesempatan itu ia juga memborong sejumlah jajanan dan takjil untuk berbuka puasa yang dijajakan pelaku UMKM di tempat tersebut.
Turut dalam rombongan, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus, Asisten Pemerintahan Dan Kesra, Abdul Munir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H. Asmar, Asisten Administrasi Umum Drs. Syafarudin dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan.(Sumber : Prokopim/Admin)