Kepala Staf TNI Angkatan Darat Melakukan Kunjungan Kerja di Pulau Sebatik

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Melakukan Kunjungan Kerja di Pulau Sebatik
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M saat mengunjungi Pos Komando Kompi Aji Kuning Satgas Pamtas Yon Armed 18/Komposit Buritkang

Nunukan - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M melakukan  kunjungan kerja di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Malaysia, Pulau Sebatik, Nunukan Kalimantan Utara, Kamis (06/012022).

 

Kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat beserta rombongan  menggunakan 2 unit Helly yang mendarat di lapangan Sepak Bola RTP Aji Kuning Sebatik Tengah

 

Turut menyambut kedatangan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman,S.E., M.M beserta rombongan yakni Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, M.M, Ph. D, Dandim 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadianto, S.I.K, Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Arif Kurniawan Hertanto, S.E beserta unsur Forkopimda Kabupaten Nunukan dan instansi lainnya.

 

Kunjungan kerja Kasad di Perbatasan RI - Malaysia  untuk melakukan pengecekan kondisi Prajurit yang sedang bertugas sebagai Satgas Pamtas RI Malaysia Yonarmed 18/Komposit Buritkang.

 

Setelah melakukan pengecekan prajurit Kasad beserta rombongan menuju SDN 006 Sebatik dan SMP N 1 Aji Kuning Sebatik Tengah untuk memberikan materi pelajaran nilai Pancasila sebagai dasar Ideologi Negara.

 

Kasad mengatakan, pengajaran nilai Pancasila sejak dini akan menciptakan generasi bangsa yang berkarakter Pancasila dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

 

“Jadi sangat penting kita menanamkan nilai nilai Pancasila sejak dini kepada anak anak, agar mereka bisa rasa nasionalisme yang tinggi,” ujarnya.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan bantuan berupa Sarana olahraga, Komputer, alat tulis dan perlengkapan untuk sekolah. Setelah selesai, Kasad langsung menuju ruangan vaksinasi dan turut mendampingi siswa SD yang tengah divaksin sembari memberikan semangat serta motivasi.

 

Selesai memberikan bantuan, Kasad beserta rombongan menuju ruangan vaksinasi dan turut mendampingi siswa SD yang sedang  di vaksin sembari memberikan semangat serta motivasi.

 

“Jangan takut disuntik vaksin yah, ini tidak sakit dan untuk kesehatan,” Himbaunya.

 

Setelah rangkaian kegiatan di sekolah, Kasad kembali menuju Pos Komando Kompi Aji Kuning Satgas Pamtas Yon Armed 18/Komposit Buritkang sekaligus memberikan pengarahan kepada prajurit yang bertugas di Perbatasan.

 

Dalam pengarahannya Kasad menekankan agar prajurit selalu disiplin, menjaga kehormatan TNI AD dan menjaga soliditas TNI - Polri serta waspada terhadap perubahan situasi yang bisa terjadi setiap saat.

 

“Jangan tergiur dengan hal-hal yang bisa berdampak merugikan diri sendiri seperti narkoba. Jangan memakai narkoba, karena ancamannya itu sangat besar, bisa berujung pemecatan secara tidak terhorma,” katanya.

 

Kasad juga meminta agar TNI selama bertugas di wilayah perbatasan tetap menjaga solidaritas dengan pasukan lainnya di Nunukan, baik itu marinir, kepolisian bahkan pemerintah daerah. Karena TNI-Polri adalah garda terdepan, harus menjaga solidaritas sesama.

 

“Teruslah kembangkan inovasi sesuai keahlian yang dimiliki dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, sehingga keberadaan prajurit disini (perbatasan) berdampak positif dan bermanfaat bagi warga masyarakat serta terus mendukung program pemerintah daerah,” tutupnya.(01)