ODGJ Meninggal di Rumah Kebun, Polisi Temukan Uang Rp 17 Juta di Saku Celana

ODGJ Meninggal di Rumah Kebun, Polisi Temukan Uang Rp 17 Juta di Saku Celana
Rumah kebun tempat Jenazah Alex Asan Boliama ditemukan

Nunukan – Sesosok jenazah ditemukan telah terbujur kaku di pondok kebun yang ada di Jalan Sei Fatimah Nunukan Kalimantan Utara, Senin (27/12/2021) sekitar pukul 18.00 wita.


Kapolsek Nunukan Kota Iptu. Ridwan Supangat mengatakan, jenazah tersebut diketahui bernama Alex Asan Boliama (45), warga Jalan Tanjung RT 20 Nunukan Barat.


Alex diduga seorang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang belakangan menetap sendirian di pondok kebun yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP) tersebut.


‘’Jenazah merupakan ODGJ. Dia memiliki keluarga namun karena kondisinya, dia sering jalan tak tentu arah dan tidur dimanapun dia suka,’’ujarnya, Selasa (28/12/2021).


Supangat melanjutkan, dari sejumlah saksi di lokasi kejadian, masing masing Yosep Bato dan Aco, Alex terlihat terakhir kali pada sekitar pukul 17.50 wita.


Di dalam pondok tersebut, ia bersenandung sembari bermain gitar, dan menikmati secangkir kopi.


Yosep Bato dan Aco merupakan merupakan buruh yang biasa bekerja dengan Alex dan cukup mengenal pribadi Alex yang diduga ODGJ.


Supangat menjelaskan, meski dikenal tidak waras, yang bersangkutan mencari uang dengan bekerja serabutan. 


‘’Ia tidak pernah meminta minta ataupun mengamuk. Bahkan kita temukan uang sebanyak Rp.17.547.000 di kantong celananya,’’imbuhnya.


Supangat kembali menegaskan, Alex masih memiliki keluarga di Jalan Tanjung. Ia adalah seorang suami sekaligus seorang ayah yang memilih tinggal terpisah dengan keluarganya.


‘’Dia diduga terkena angin duduk, dan memang memiliki penyakit bawaaan. Itu dibuktikan dari hasil visum yang menyatakan tidak ada tanda bekas kekerasan yang ditemukan di tubuhnya,’’jelasnya.


Jenazah akhirnya diserahkan ke rumah duka, agar dimakamkan secara layak oleh pihak keluarganya.(02)