Satreskoba Gagalkan Penyelundupan 500 Gram Sabu Sabu Dalam Boks Speaker

Satreskoba Gagalkan Penyelundupan 500 Gram Sabu Sabu Dalam Boks Speaker
Barang bukti yang kini sudah diamankan di Mako Polres Nunukan
Nunukan – Satreskoba Nunukan Kalimantan Utara, menggagalkan upaya penyelundupan narkotika golongan I Jenis sabu sabu, seberat 500 gram yang akan dibawa ke Kota Pare Pare Sulawesi Selatan menggunakan KM Thalia dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan.
 
Kasat Reskoba Nunukan Iptu.Lusgi Simanungkalit mengungkapkan, operasi penangkapan dilakukan unitnya, di Jalan Lingkar Nunukan Selatan, pada hari Selasa 15 Maret 2022 sekitar pukul 06.30 wita.
 
‘’Personel Opsnal Sat Resnarkoba mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan ada penumpang yang berasal dari Kalabakan Malaysia. Laki laki tersebut, diduga membawa sabu sabu menuju Nunukan,’’ujarnya, Selasa (22/3/2022).
 
Penyelidikan dilakukan di sekitar pelabuhan Tunon Taka dan dermaga tradisional di sekitar pelabuan internasional tersebut.
 
Sampai akhirnya pada sekitar pukul 06.30 wite, Personel Opsnal Sat Resnarkoba mengamankan seorang laki-laki yang memiliki ciri ciri sebagaimana target operasi, saat baru tiba di Nunukan.
 
‘’Kami lakukan penggeledahan dan menemukan sepuluh bungkus plastik transparan ukuran sedang, diduga berisi sabu sabu disimpan di dalam sebuah boks speaker merk My Crown,’’lanjutnya.
 
Barang haram tersebut, dibungkus menggunakan kantong plastic hitan, lalu dilapis kotak masker yang diplester lakban bening, sebelum dimasukkan dalam boks speaker.
 
Dari hasil interogasi petugas, laki laki tersebut mengaku bernama RM (32), warga Jalan Batusang Rt.001 Desa Batu Nilamung Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.
 
Ia dibayar Rp.15 juta, untuk membawa narkoba tersebut ke Pare Pare.
 
‘’Narkoba didapat dari laki laki bernama Juma yang kita DPO-kan. Dia tinggal di wilayah Kartam Malaysia. sementara sabu sabu akan dibawa ke Pare Pare menggunakan KM Thalia,’’katanya.
 
Jika barang lolos ke Pare Pare, RM akan mendapat instruksi lebih lanjut dari Juma, kepada siapa barang tersebut diberikan.
 
 
Bersama RM, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, masing masing, 10 bungkus plastik transparan ukuran sedang diduga sabu sabu dengan berat bruto kurang lebih 500 gram.
 
1 kotak masker merk Face Mask, 1 buah kantong plastik warna hitam, 1 buah kantong plastik warna kuning, 1 unit speaker merk My Crown, gulungan lakban warna transparan, 1 unit Handphone warna hitam merk Redmi, dan uang tunai sebesar RM. 500.(02)