Tumbuhkan Kecintaan pada Seni Tari, DKKOP gelar Lomba Tari Kreasi Pesisir dan Pedalaman

Tumbuhkan Kecintaan pada Seni Tari, DKKOP gelar Lomba Tari Kreasi Pesisir dan Pedalaman

PROKOMPIM - Pemerintah Kabupaten Nunukan, melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata, menggelar lomba tari kreasi pesisir dan pedalaman. Kegiatan bertempat, di GOR Dwikora Nunukan, Selasa (28/6).

Kadispora Nunukan, H. Junaidi, mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni tari, dan sebagai bentuk pembuktian dimasa mendatang agar tradisi seni tari tetap hidup dan berkembang serta memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kesatuan bagi generasi muda Indonesia khususnya di Kabupaten Nunukan.

"Harapan saya, event ini bisa membangkitkan kembali minat anak-anak kita untuk menari. Melalui event ini, diharapkan juga mulai bermunculan tari-tari kreasi baru, yang lebih menarik dan diminati oleh masyarakat. Beberapa waktu lalu, sudah muncul Tari Yameto, Tari kreasi yang saat ini sudah cukup dikenali oleh masyarakat di Kabupaten Nunukan, bahkan masyarakat di Kaltara juga sudah mulai mengenali Tari Yameto ini. Selain gerakannya tidak terlalu sulit, tari yameto ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, lebih bugar, dan hati menjadi gembira," ujarnya.

Lebih lanjut, H Junaidi berharap dari event ini nanti juga akan lahir tari kreasi dari Kabupaten Nunukan yang bisa go nasional, yang otomatis juga akan mengangkat nama daerah Kabupaten Nunukan.

"Mudah-mudahan seni tari bisa kembali bangkit, dan membawa kegembiraan bagi masyarakat," tambahnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa nilai-nilai budaya khususnya di daerah Nunukan harus dilestarikan, beri semangat dan menumbuh kembangkan rasa cinta kepada seni budaya.

Seleksi - seleksi yang dilakukan pada Lomba Tari Kreasi tersebut nantinya akan mewakili Kabupaten Nunukan ke tingkat provinsi Kalimantan Utara dan selanjutnya nanti akan diberangkatkan ke proses tingkat Nasional.

Adapun beberapa Sanggar Seni Tari yang mengikuti Lomba Tari Kreasi antara lain Smansa Star, Intimung Taka Ulun Borneo, Bebilin Taka, Benuanta Jaya, Busak Malay, Kirip Suwi, dan Temengang Madang (SumberProkompimNunukan)